Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2012, 08:17 WIB

KOMPAS.com -  Kerupuk memang jadi pilihan banyak orang untuk menambah kenikmatan bersantap. Tekstur renyah dan rasa gurihnya menjadi daya tarik tersendiri bagi yang menikmatinya. Hanya saja, kerupuk tak menggugah selera lagi ketika sudah melempem.

"Musuh utama kerenyahan kerupuk adalah angin dan air," tukas Chef Ragil kepada Kompas Female, saat peluncuran Qtela Kerupuk, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kerupuk yang terlalu banyak terkena angin ataupun air pasti tak enak lagi dimakan. Maka untuk menghindari hal ini, kerupuk harus disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. "Terkadang kita sering menyimpan kerupuk matang untuk waktu yang lama. Agar tidak melempem, sebaiknya hindari proses membuka-tutup wadah terlalu sering, karena bisa membuat angin masuk dalam wadah," tukasnya.

Jika ingin menyimpan kerupuk dalam waktu yang cukup lama namun tetap renyah, sebaiknya simpan kerupuk dalam plastik putih dan ikat rapat-rapat. Kemudian simpan plastik kerupuk ini dalam lemari es sampai waktunya disantap. Ketika akan dimakan, keluarkan kerupuk dari lemari es dan biarkan sampai uap dinginnya menghilang.

Baca juga:
Agar Kerupuk Tidak Bantat Saat Digoreng
Kerupuk atau Keripik, Favorit Orang Indonesia
Waspada Saat Menggoreng Kerupuk
Kerupuk Udang Dendeng Balado
Salad Kerupuk Keriting

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com