Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2012, 16:18 WIB

KOMPAS.com – Bersih-bersih rumah, mencuci pakaian, atau kegiatan yang sering bersentuhan dengan detergen serta cairan pembersih lainnya bisa membuat tangan kering.

Hal disebutkan di atas memang sering menjadi penyebab tangan kering dan kasar. Bukan hanya itu seharian kerja di dalam ruangan kantor yang dingin juga bisa membuat kulit kering.

Bila kulit tangan Anda kasar dan losion biasa tak membantu, coba untuk mencuci tangan dengan sabun pencuci tangan yang melembabkan. Pilih sabun yang mengandung lidah buaya atau minyak zaitun untuk melembutkan tangan.

Anda juga bisa mebuat scrub tangan buatan sendiri di rumah. Caranya campurkan satu sendok minyak zaitun dengan sedikit gula. Gosok lembut pada tangan yang kasar selama dua menit. Ini akan membantu mengelupaskan kulit kasar di tangan Anda. Kemudian bilas dengan air dan tepuk-tepuk tangan dengan lap kering.

Langkah selanjutnya yang paling penting; melembabkan dengan krim. Lakukan pada tangan yang masih sedikit basah, sebab tangan yang basah akan membantu penyerapan krim dengan cepat. Selain itu krim akan meresap lebih dalam. Pilih krim yang mengandung bahan-bahan seperti madu, minyak kelapa, shea butter dan vitamin E.

Untuk hasil yang lebih cepat, lakukan perawatan  pada malam hari. Setelah tangan digosok oleh scrub buatan sendiri, oleskan dengan krim tangan tebal-tebal lalu bungkus tangan sarung tangan yang sudah dihangatkan dalam microwave selama sepuluh detik. Biarkan tangan Anda terbungkus semalaman. Pagi hari, gosok halus tangan dengan krim yang tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com