Kompas.com - 22/02/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi VadvenIlustrasi

KOMPAS.com - Hanya karena seseorang bercerai, bukan berarti ia keluar dari lembaga pernikahan tanpa memetik satu pun pelajaran penting tentang pernikahan. Justru sebaliknya. Kegagalan itu membuat mereka belajar banyak.

Orang yang pernah bercerai biasanya justru berharap akan bertindak secara berbeda jika mereka punya kesempatan kedua untuk membangun rumah tangga.

Berikut adalah beberapa pelajaran penting yang dialami oleh mereka yang pernah bercerai, tentang upaya untuk menjaga keutuhan perkawinan.

- Sejak awal mula, kamu berdua harus punya cinta yang kuat. Jika alasan kamu menikah hanya karena ketertarikan fisik atau harta, cinta itu akan cepat mati.

- Lihatlah lebih dalam dari sekadar cincin atau pesta yang meriah. Bayangkan apakah kamu ingin hidup bersamanya sampai tua.

- Jika pasanganmu berbalik dan tak ingin bicara, berilah ia kesempatan untuk sendiri. Bersabarlah, tapi jangan biarkan emosi negatif berlalu tanpa dibicarakan.

- Pernikahan tak selalu membahagiakan. Carilah hal-hal yang menyenangkan setiap hari, sesederhana apa pun itu. Ketika ada hal buruk atau menjengkelkan, ingatlah bahwa ini pun akan berlalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca juga: 7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Berumah Tangga)

- Pernikahan yang sukses berarti "tangan siap kotor", dalam artian kita juga harus berpartisipasi. Jangan hanya menunggu si dia. Komunikasi adalah kunci.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
- Keintiman adalah hal yang membedakan pernikahan dengan bentuk hubungan lain. Peliharalah rasa keintiman itu seperti saat pertama pacaran.

- Pernikahan yang bahagia butuh dua orang yang terus belajar tentang pasangannya dan kehidupan itu sendiri. Jangan takut untuk berkompromi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.