Kompas.com - 17/03/2018, 09:39 WIB

KOMPAS.com - Pernakah kalian tiba-tiba jatuh sakit saat sedang liburan? Ini memang hal yang menyebalkan. Padahal saat liburan kita seringkali ingin menikmatinya dengan penuh.

Penyakit itu bisa saja menyusup sebelum liburan, yakni saat stres, lelah dan terlalu banyak pekerjaan, sehingga sistem kekebalan tubuh berada di titik terendah dan tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Lalu saat kita pergi berlibur dengan transportasi umum, seperti kereta atau pesawat, dengan mudah kita juga bisa tertular penyakit bila ada penumpang lain yang kebetulan sakit.

Namun kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa mencegah agar penyakit tak mendatangi kita saat sedang berlibur.

Dilansir dari laman standard, Dr Kim Glass dari Bupa Health Clinics, Inggris, mengatakan bahwa mempersiapkan tubuh untuk berlibur bukanlah sesuatu yang sering dipikirkan.

Namun, ini adalah cara yang tepat untuk memastikan sistem kekebalan tubuh kita mampu mengatasi kuman atau penyebab penyakit saat berlibur nanti.

Berikut cara agar tak jatuh sakit selama berlibur menurut Dr Kim Glass.

1. Tidur yang cukup

Saat berlibur, kita biasanya sering mengabaikan jam tidur dan memilih untuk begadang karena tak ingin melewatkan waktu liburan yang berharga. Namun, ini adalah hal yang kontra produktif.

Jika kita kurang tidur, tubuh akan menghasilkan kortisol yang dikenal sebagai hormon 'fight or flight' yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kekuatan menghadapi penyakit.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber standard
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.