Kompas.com - 21/03/2018, 06:07 WIB
Ilustrasi sinar matahari pagi itman__47Ilustrasi sinar matahari pagi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Terik matahari sering kali dihindari, entah karena dapat membuat kulit menghitam dan terbakar, atau bahkan meningkatkan risiko penuaan dini dan kanker kulit.

Tidak heran jika banyak orang, terutama wanita yang mencari cara untuk melindungi kulit dari panasnya sinar matahari. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada segudang manfaat sinar matahari bagi kesehatan?

Bahaya sinar ultraviolet dari matahari bukan berarti kita harus berdiam diri di rumah seharian tanpa terkena paparan sinar matahari.

Kita tetap memerlukan manfaat sinar matahari, meskipun harus tetap melindungi kulit dari paparan sinar matahari tersebut, baik dengan pakaian pelindung, menggunakan tabir surya, atau lainnya.

Apa saja manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh kita?

1. Meningkatkan produksi vitamin D

Paparan sinar matahari dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tulang dan otak. Vitamin D tidak banyak ditemukan dalam makanan, sehingga kita perlu mendapatkannya dari paparan sinar matahari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vitamin D dapat disintesis di kulit melalui paparan radiasi UVB. Tanpa vitamin D yang cukup, tulang tidak akan terbentuk dengan baik. Tingkat vitamin D yang rendah pada tubuh juga akan memperburuk osteoporosis pada pria dan wanita, sehingga dapat menyebabkan penyakit tulang osteomalacia yang menyakitkan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kita hanya perlu terpapar sinar matahari setidaknya 5 sampai 15 menit di lengan, tangan, dan wajah dalam waktu dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan vitamin D yang cukup tanpa menggunakan tabir surya.

Penggunaan tabir surya ternyata dapat mencegah kemampuan tubuh untuk memproduksi vitamin D saat terpapar sinar matahari.

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.