Kompas.com - 10/06/2018, 19:19 WIB
|
Editor Wisnubrata

MEDAN, KOMPAS.com - Indonesia boleh berbangga karena kopi Sumatera bisa ditemukan di 28 ribu gerai Starbucks di seluruh dunia dan menjadi yang paling digemari.

Namun, ada hal lain yang juga membuat kita warga Indonesia patut berbangga, yakni adanya Farmer Support Center (FSC) Starbucks di Indonesia, tepatnya di Brastagi, Sumatera Utara.

Tidak hanya menjadi satu-satunya di Indonesia, namun jumlah FSC di seluruh dunia juga hanya terdapat di sembilan negara. Negara lainnya, yakni Guatemala, Rwanda, Tanzania, Ethiopia, Kolombia, Cina, Kosta Rika, dan Meksiko.

FSC merupakan fasilitas pusat pelatihan milik Starbucks untuk membantu para petani agar menghasilkan hasil tani yang lebih baik dengan bimbingan para agronomis.

Baca juga: Kopi Sumatra Paling Digemari di Seluruh Starbucks Dunia

Konsepnya "open-source" alias tempat untuk berbagi informasi.

Kepala Agronomis Starbucks Farmer Support Center (FSC) Surip Mawardi saat menjelaskan mengenai area yang ada di lahan FSC, Jumat (8/6/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Kepala Agronomis Starbucks Farmer Support Center (FSC) Surip Mawardi saat menjelaskan mengenai area yang ada di lahan FSC, Jumat (8/6/2018).
Kepala Agronomis Starbucks FSC, Surip Mawardi menjelaskan, sebagai percontohan terdapat sembilan varietas kopi yang ada di FSC.

Edukasi yang dilakukan FSC menurutnya cukup berdampak luas. Buktinya, semakin banyak kelompok tani yang bersemangat belajar dan tertarik mengikuti program di sana.

Kompas Lifestyle berkesempatan ikut mengelilingi FSC yang memiliki luas lahan setengah hektare tersebut.

Seluas 3.000 meter persegi dari lahan tersebut digunakn sebagai plot pembelajaran. Sedangkan sisanya adalah perkantoran dan fasilitas lainnya.

Pak Surip, demikian kami para wartawan menyapanya, mengajak saya dan beberapa wartawan lainnya untuk melihat satu-satu varietas kopi yang ada di sana.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.