Kompas.com - 15/08/2018, 09:44 WIB
Editor Wisnubrata


KOMPAS.com - Menghilangkan lemak tidak bisa instan, tapi perlu perjuangan. Tidak cukup hanya mengatur pola makan sehat, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kita juga harus rutin berolahraga. Pasalnya, seringkali dua hal itu sudah dilakukan, tapi tubuh masih saja berlemak.

Secara umum ada dua jenis lemak yang sering kita temui: lemak yang menonjol di perut (viseral) dan lemak yang berada di bawah lengan atau paha (subkutan). Lantas, antara lemak perut dan lemak paha yang mana yang paling sulit dihilangkan?

Lemak viseral adalah lemak yang ditemukan dalam rongga perut. Lemak ini membungkus organ-organ internal dalam tubuh, seperti hati dan limpa.

Sulit sebenarnya untuk melihat ada berapa banyak jumlah lemak perut yang ada dalam tubuh seseorang secara kasat mata. Akan tetapi, perut yang buncit dan pinggang lebar bisa jadi tanda lemak perut yang berlebihan.

Lemak semacam ini bisa mengganggu fungsi organ-organ dalam lainnya di dalam tubuh dengan mengeluarkan zat-zat berbahaya.

Baca juga: Mana yang Lebih Berbahaya, Lemak Perut atau Lemak Paha?

Bedanya dengan lemak subkutan, lemak subkutan disimpan tepat di bawah kulit, terutama di paha. Lemak paha ini dengan mudah bisa kita cubit atau jepit dengan tangan, berbeda dengan lemak perut yang berada di dalam.

Lemak paha alias subkutan pada jumlah cukup sebenarnya diperlukan untuk menghangatkan tubuh. Sayangnya kalau terlalu banyak bisa berakibat buruk dan menjadi tanda obesitas atau berat badan berlebih.

Apa benar lemak perut lebih sulit dihilangkan?

Ilustrasi lemak perutaf_istocker Ilustrasi lemak perut
Dilansir dari laman Livestrong, pada dasarnya ketika kita mengurangi kalori dari makanan dan berolahraga lebih sering, kita akan kehilangan lemak perut terlebih dahulu. Sifat lemak viseral ini aktif secara metabolik, inilah yang membuat lemak viseral mampu merespon perubahan pola makan.

Nah, semakin banyak jumlah lemak viseral, pembakaran lemak semakin sulit dituntaskan. Inilah yang biasanya terjadi pada orang yang sudah dewasa.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.