Kompas.com - 20/08/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi traveling twinsterphotoIlustrasi traveling
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kegiatan apa yang biasanya kamu lakukan selama berlibur? Kebanyakan orang mungkin hanya bolak-balik makan, tidur, menonton TV, dan terus berulang menjadi kebiasaan.

Memang sih, liburan menjadi waktu yang tepat untuk bersantai ria. Namun hati-hati, kelamaan bersantai tanpa mengendalikan pola makan bisa membuat berat badan naik drastis, lho.

Terlebih bagi yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, kamu wajib menjaga pola makan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan. Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan tetap stabil selama liburan? Solusinya bisa kamu temukan pada ulasan berikut ini.

1. Batasi makanan manis

Ilustrasi makanan manishappy_lark Ilustrasi makanan manis
Saat liburan, makanan manis menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Makanan manis ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup, contohnya kue, cokelat, permen, atau puding.

Hati-hati, berbagai makanan manis tersebut bisa membuat berat badan cepat naik. Bahkan, makanan manis merupakan salah satu penyebab utama obesitas.

Selain dari kue, beberapa jenis makanan dan minuman lainnya ternyata diam-diam mengandung gula tambahan. Contohnya minuman bersoda, jus buah kemasan, buah kaleng, saus, dan produk susu seperti es krim dan yogurt manis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menjaga berat badan tetap stabil, batasi konsumsi makanan dan minuman manis selama liburan. Jika dihadapkan pada dua pilihan antara makanan gurih atau makanan manis, sebaiknya pilihlah makanan yang memiliki rasa gurih untuk mencegah kenaikan berat badan.

Baca juga: 10 Kiat Mengontrol Konsumsi Makanan Manis

2. Banyak makan sayur dan buah

Ilustrasi makanan sehat Foxys_forest_manufacture Ilustrasi makanan sehat
Buah-buahan dan sayuran termasuk makanan rendah kalori namun tinggi serat. Artinya, hanya dengan makan buah-buahan dan sayuran saja bisa membuat kita kenyang lebih lama. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan tetap ideal selama liburan.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.