7 Alasan Pekerjaan Kamu Bikin Penuaan Dini

Kompas.com - 03/01/2019, 07:07 WIB
Seorang karyawan menandatangani surat scyther5Seorang karyawan menandatangani surat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penuaan dini merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Sebagian besar kita pasti ingin tampil lebih muda, bagaimanapun caranya.

Namun, meski sudah melakukan berbagai cara, ada hal yang justru bikin penuaan dini, dan itu dekat dengan kita, salah satunya saat sedang bekerja.

Dilansir dari laman Reader's Digest, berikut 7 penyebab pekerjaan sehari-hari mendorong penuaan dini.

1. Duduk di meja sepanjang hari

Ilustrasi pekerjaanimtmphoto Ilustrasi pekerjaan

Sebuah studi baru-baru ini menemukan, gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat mempercepat penuaan. Para ilmuwan melihat telomer-telomer—ujung-ujung dari DNA yang  ditemukan di setiap sel—dari hampir 1.500 perempuan pascamenopause.

Ketika sel membelah dan menua, mereka kehilangan sedikit telomer, yang berarti sel yang lebih tua memiliki telomer lebih pendek.

Dalam penelitian tersebut, setiap perempuan mengenakan accelerometer selama satu pekan untuk mengukur aktivitas fisik. Peneliti ingin melihat apakah olahraga memengaruhi proses penuaan sel.

Hasilnya, di antara perempuan yang tidak aktif—peserta yang tidak melakukan latihan harian yang direkomendasikan 30 menit—atau mereka yang menghabiskan waktu sekitar sepuluh jam atau lebih dengan duduk, memiliki telomer lebih pendek daripada perempuan yang lebih sedikit duduk setiap hari.

Kendati demikian, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menunjukkan seberapa lama duduk yang aman dan berapa banyak olahraga yang dibutuhkan untuk menekan potensi efek penuaan dari duduk.

Baca juga: Jangan Remehkan Bahaya Kebanyakan Duduk

2. Bekerja berjam-jam

Ilustrasi kerja malamDragonImages Ilustrasi kerja malam

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X