6 Cara Jaga Ginjal Tetap Sehat

Kompas.com - 19/08/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi, diabetes atau ada riwayat keluarga gagal ginjal merupakan faktor risiko dari penyakit ginjal.

Kendati demikian, sekali pun tak memiliki faktor risiko, sangat penting untuk merawat ginjal yang termasuk organ vital ini.

Dilansir lama Cleveland Clinic, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat di setiap tahap kehidupan:

1. Hidrasi, tetapi jangan berlebihan.

“Berlawanan dengan mitos yang banyak dipercaya, sebenarnya tidak ada penelitian yang membuktikan hidrasi berlebihan merupakan cara efektif dalam meningkatkan fungsi ginjal,” kata dokter ginjal James Simon.

Oleh karena itu, sekali pun minum air putih cukup adalah ide yang bagus--minum air berlebih dari yang dianjurkan tak serta merta membuat fungsi ginjal lebih baik.

2. Makan makanan sehat

Simon menunjukkan, sebagian besar masalah ginjal muncul dari kondisi medis lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk mengikuti kebiasaan makan sehat untuk mengontrol berat badan dan tekanan darah.

Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi akan membantu menjaga ginjal dalam kondisi baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X