7 Jenis Rempah Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 14/09/2019, 15:23 WIB
Aneka bumbu dan rempah untuk membuat lawar dan sate lilit khas Bali KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESAneka bumbu dan rempah untuk membuat lawar dan sate lilit khas Bali

KOMPAS.com - Berbagai cara dilakukan demi menurunkan berat badan, termasuk mengonsumsi makanan tanpa rasa yang tentu tak enak dinikmati.

Alih-alih berat badan turun, dalam waktu beberapa hari kamu justru merasa tak sabar untuk 'balas dendam' mengonsumsi semua makanan yang diinginkan.

Untuk mencegah itu terjadi, kamu bisa mengandalkan rempah-rempah untuk memperkaya rasa makananmu.

Bahkan, berbagai studi menyatakan, beberapa jenis rempah bisa membantu menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan, jika kita tidak suka pada rasa makanan yang kita makan, jauh lebih kecil kemungkinannya untuk tetap menjalankan diet, tidak peduli seberapa disiplinnya kita menjalankan diet.

Baca juga: 5 Rempah dan Tanaman Ini Dipakai Masyarakat India untuk Obati Penyakit

Rempah adalah cara terbaik untuk menambah rasa pada makanan, tanpa memberikan kalori ekstra, gula, sodium, atau bahan-bahan tak berguna lainnya.

Apalagi, banyak bumbu dan rempah-rempah yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak dengan lebih cepat. Berikut ketujuh jenis bumbu atau rempah tersebut:

1. Kayu manis

Kayu manis bermanfaat untuk menyeimbangkan gula darah, membantu mengekang nafsu makan, dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Kayu manis juga bisa menjadi pengganti gula saat kamu menikmati secangkir kopi atau teh, sehingga kamu terhindar dari mengonsumsi kalori ekstra.

Baca juga: 4 Alasan Sehat untuk Menyukai Kayu Manis

2. Jinten

Hanya satu sendok teh jinten perhari dapat membantu membakar lemak tubuh hingga tiga kali lipat lebih banyak, jika dibandingkan dengan masakan tanpa jinten, menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan pada wanita yang kelebihan berat badan.

Jinten bisa ditambahkan ke banyak masakan seperti sup, semur, tumisan, dan makanan yang dipanggang.

Baca juga: Ahli Gizi Sebut 4 Bumbu Masakan Ini Mampu Perpanjang Usia

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X