Kaki Sakit Saat berjalan? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Kompas.com - 14/09/2019, 18:15 WIB
Ilustrasi kram kaki grinvaldsIlustrasi kram kaki

KOMPAS.com - Kaki terasa sakit saat berjalan? Jika ya, jangan pernah mengabaikannya, karena bisa jadi itu mengindikasikan adanya masalah serius pada jantung dan otak.

Nyeri kaki saat berjalan bisa menujadi tanda peripheral artery disease (PAD) atau penyakit arteri perifer.
Orang-orang degan kondisi ini memiliki kemungkinan masalah kardiovaskular yang lebih tinggii, seperti serangan jantung dan stroke.

PAD bisa terjadi pada pria dan wanita. Menurut Harvard Medical School, ini biasanya terjadi karena penuaan, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan paparan asap rokok jangka panjang.

Orang-orang dengan PAD merasa sakit karena timbunan lemak di arteri kaki.

Timbunan lemak ini kemudian menghambat aliran darah ke otot dan juga arteri yang mendukung kinerja jantung dan otak.

Baca juga: Kaki Sering Kram? Hati-hati Tanda Penyakit Liver

Gejala PAD termasuk kram dan nyeri pada betis, paha, pinggul, atau bokong. Tapi PAD hanya memengaruhi otot dan bukan sendi.

Ini juga tampak berbeda dari nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga.

Nyeri kaki yang berhubungan dengan PAD, hanya terjadi selama gerakan dan berhenti setelah istirahat sejenak. Tidak seperti rasa sakit yang disebabkan oleh olahraga yang bisa berlangsung berjam-jam atau berhari-hari.

"Itu mungkin terjadi ketika kamu berjalan menaiki tangga atau menaiki bukit, dan kemudian kamu sering merasa perlu berhenti untuk istirahat," kata Aruna Pradhan, seorang ahli jantung dan asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Tetapi dalam beberapa kasus, PAD dapat menyebabkan nyeri kaki bahkan ketika duduk atau berbaring.

Pada beberapa orang mungkin juga akan mengalami perubahan warna pada kaki, luka penyembuhan lambat pada kaki, rasa dingin pada satu atau kedua kaki, dan pertumbuhan rambut kaki atau kuku yang lambat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X