Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 06/10/2022, 13:31 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Dalam tubuh manusia terdapat banyak kelenjar. Salah satu yang utama adalah kelenjar getah bening yang berfungsi untuk menyaring cairan limfatik guna menghentikan penyebaran bakteri ke seluruh tubuh.

“Adalah hal yang umum jika kelenjar getah bening di leher mengalami pembengkakan. Biasanya hal ini disebabkan oleh flu, sakit tenggorokan, infeksi gigi, maupun infeksi telinga,” kata Lorraine Smith, MD, dari Osborne Head and Neck Institute di Los Angeles

Jika Anda atau si kecil mengalaminya, ada beberapa teknik perawatan alami yang bisa kita coba. Hindari dulu obat kimia, karena beberapa cara alami ini bisa membantu Anda mengatasinya!

Obat alami kelenjar getah bening bengkak

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang terkenal mampu mengobati penyakit kelenjar getah bening. “Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan,” kata Smith.

2. Pijatan

Gerakan memijat kelenjar yang sedang bengkak juga bermanfaat untuk mengobatinya. Sebab pijatan ini akan membuat kelenjar menjadi lebih tenang dan mengurangi pembengkakan.

3. Madu

Jika Anda berminat mengobati penyakit kelenjar getah bening dengan pijatan, jangan lupa pijatlah dengan madu. “Madu memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan,” Smith menjelaskan.

4. Susu dan kunyit

Susu dan kunyit merupakan kombinasi alami yang baik untuk meringankan peradangan karena bersifat antiinflamasi.

5. Kompres

Selain dipijat, Anda bisa mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Suhu yang hangat akan meningkatkan sirkulasi darah di daerah yang bengkak serta mengurangi rasa sakit karena bengkak.

Jadi, saat kelenjar getah bening di leher membengkak, santai saja. Sila coba cara di atas. Cepat sembuh ya!

Artikel ini merupakan kerjasama Kompas.com dan Parenting.Orami.id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com