10 Tanda Tubuh yang Sehat pada Perempuan

Kompas.com - 13/11/2019, 07:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Orang dewasa disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) setahun sekali untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang belum terdeteksi. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa tanda umum yang bisa menjadi petunjuk sehat tidaknya tubuh kita.

Pada perempuan dewasa, setidaknya 10 tanda ini dimiliki oleh mereka yang tubuhnya sehat.

1. Siklus haid teratur
Siklus haid yang teratur (dengan interval 27-35 hari) merupakan tanda organ reproduksi yang sehat. Ini menunjukkan ovulasi yang normal dan keseimbangan hormonal dari otak ke ovarium.

Perempuan yang tidak sehat karena mereka kegemukan atau terlalu kurus cenderung mengalami menstruasi tidak teratur.

2. Rambut tebal dan kuku kuat
Rambut yang tebal dan kuat, serta kuku yang cepat tumbuh dan tidak gampang patah juga merupakan tanda kesehatan yang baik. Sebaliknya, rambut yang tipis, kuku rapuh merupakan tanda kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya.

3. Berenergi
Bila kita bangun pagi dengan perasaan segar dan siap menghadapi hari, berarti kita memiliki energi yang cukup. Kebanyakan orang yang sedang sakit atau kekurangan vitamin akan merasa lelah, kurang berenergi, dan mengantuk.

4. Jarang sakit kepala
Semua orang tentu pernah sakit kepala. Ini merupakan efek dari stres atau otot yang tegang dan sebenarnya hal yang normal. Pada orang yang sehat, sakit kepala akan berlangsung sebentar.

Sakit kepala atau migraine yang sering merupakan sesuatu yang tidak normal. Jika obat-obatan tidak lagi mempan untuk mengatasinya, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Baca juga: Jangan Remehkan Sakit Kepala yang Makin Berat

5. Napas segar
Bau mulut tidak hanya terkait dengan kesehatan gigi tapi merupakan petunjuk kesehatan secara umum, karena sistem kekebalan tubuh juga berada di usus. Napas yang segar merupakan indikasi dari mikroba usus yang seimbang. Sementara bau mulut bisa menandakan ada penyakit tersembunyi, misalnya saja diabetes, reflux, atau gangguan ginjal.

6. Kulit tampak sehat
Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Kondisi kulit wajah dan leher bukan cuma menggambarkan ciri genetik seseorang tapi juga kesehatannya dan pengaruh lingkungan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X