Kompas.com - 13/11/2019, 08:09 WIB
Ilustrasi meditasi shutterstockIlustrasi meditasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ungkapan, “Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat,” memang tidak berlebihan. Kesehatan jiwa atau kesehatan mental, jika dijaga dengan baik, akan mendukung kondisi jantung sehat dan kuat.

Berbagai kajian telah menemukan, bahwa kesehatan mental yang buruk berisiko memicu penyakit jantung. Kondisi mental tersebut, hadir dalam berbagai bentuk, termasuk stres, rasa kecemasan, maupun kondisi depresi.

Selain itu, karena mengalami kondisi psikologis di atas, kita mungkin cenderung mencari pelarian melalui gaya hidup yang tidak sehat. Sebut saja konsumsi alkohol, makanan yang tidak baik untuk kesehatan jantung, maupun merokok.

Kita hendaknya memahami cara memelihara kesehatan mental, termasuk dalam menangani gangguan stres, kecemasan, maupun depresi, untuk meminimalisir risiko terjadinya penyakit jantung.

Baca juga: Enam Aktivitas di Alam Terbuka yang Baik untuk Kesehatan Mental

 

Sepuluh langkah berikut ini bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan mental, demi jantung sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memotivasi diri dengan ungkapan positif (positive self-talk)

Dialog internal yang sifatnya negatif, dapat memancing stres. Cobalah untuk mengungkapkan hal-hal baik pada diri sendiri. Misalnya, yakinkan diri sendiri, bahwa kita mampu mengerjakan tugas kantor dengan baik, seperti, “saya bisa melakukan semua ini”.

Lakukan hal yang kamu suka

Lakukan hobimu dengan rutin, untuk mengendalikan gangguan stres. Apabila tidak mempunyai aktivitas yang digemari, kegiatan seperti membaca buku, menyulam, atau bermain alat musik, dapat menjadi pilihan.

Atur asupan makanan sehat

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.