Mengkaji Aman Tidaknya Sakarin, Si Pemanis Buatan dalam Makanan

Kompas.com - 21/01/2020, 12:04 WIB
Ilustrasi pemanis buatan shutterstockIlustrasi pemanis buatan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat mencermati label komposisi makanan dan minuman manis kemasan, kita sering menemukan kata “sakarin”. Sakarin memang menjadi pemanis untuk menggantikan gula. Namun, apakah bahan ini aman untuk dikonsumsi?

Sakarin adalah pemanis buatan yang tidak bernutrisi serta tidak berkalori. Pemanis yang tak bisa dicerna tubuh ini berbentuk bubuk yang berwarna putih dan dibuat dengan mengoksidasi o-toluene sulfonamide atau phthalic anhydride.

Sakarin biasanya dicampurkan sebagai pengganti gula karena tidak mengandung kalori dan karbohidrat. Namun, rasa manisnya lebih kuat sekitar 300-400 kali dibandingkan gula.

Sakarin sering dicampurkan dengan pemanis lain, seperti aspartam, ke dalam berbagai produk.

Pasalnya, sakarin mengeluarkan aftertaste (rasa yang tertinggal di mulut setelah makan atau minum) pahit yang mungkin tidak disukai beberapa orang.

Sebagai pengganti gula, sakarin telah ditambahkan ke berbagai makanan kemasan, seperti minuman berkarbonasi, selai, hingga kue-kue manis. Sakarin juga dicampurkan ke banyak jenis obat-obatan.

Baca juga: Pemanis Bukan Cuma Gula, Kenali 7 Jenisnya

Apakah sakarin aman untuk dikonsumsi?

Berbagai institusi kesehatan global dan regional menyebutkan bahwa sakarin cenderung aman untuk dikonsumsi. Institusi tersebut termasuk World Health Organization (WHO), European Food Safety Authority (EFSA), dan Food and Drug Administration (FDA).

Dahulu, sakarin dicurigai menimbulkan kanker jika dikonsumsi. Hal tersebut diutarakan karena beberapa studi pada hewan menemukan pemanis ini menimbulkan kanker kandung kemih.

Namun, studi observasi lanjutan pada manusia belum bisa membuktikan bahwa sakarin memang memicu kanker.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X