Cara Menghilangkan Lemak Perut yang Membandel

Kompas.com - 24/01/2020, 09:46 WIB
Ilustrasi perut gendut Tomwang112Ilustrasi perut gendut
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu risau dengan perutmu yang semakin membuncit? Ya, lemak perut yang membandel bukan hanya mengganggu penampilan tetapi juga dapat membahayakan kesehatan tubuh.

“Itu karena lemak perut tersimpan pada rongga perut dan mengelilingi organ-organ vital seperti pankreas dan usus,” kata Rachel Stahl, R.D di Weill Cornell Medicine. Bila lemak terlalu banyak, kinerja organ pun bisa terganggu.

Selain itu, secara biologis, kelebihan lemak perut dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan masalah metabolisme.

“Kelebihan lemak di perut bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki terlalu banyak lemak di sekitar jantung, hati, dan ginjal,” kata ahli endokrin Dr. Rasa Kazlauskaite, M.D. di Rush University Medical Center di Chicago, IL.

Ketika hal tersebut terjadi, "Kamu jauh lebih dekat dengan diabetes," kata Kazlauskaite kepada Men's Health.

Jadi, berapa ukuran lemak perut yang berlebih?

Menurut National Institute of Health, pria yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 90 cm, dan wanita lebih dari 80 cm, berisiko lebih tinggi terkena diabetes dan penyakit jantung. Ukuran tersebut pertanda kamu memiliki lemak perut yang berlebihan.

Baca juga: Lingkar Perut yang Lebar adalah Ancaman Kesehatan

Meskipun menghilangkan lemak dari area tersebut buakn hal mudah, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut. Apa saja?

Kurangi Kalori

“Kamu tidak bisa mengurangi lemak hanya di satu area tubuhmu, misalnya perut saja,” kata Dr. W. Scott Butsch, M.D., Direktur Obesity Medicine di Cleveland Clinic.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X