Bercinta Bisa Bakar Kalori, Benarkah?

Kompas.com - 13/02/2020, 21:02 WIB
ilustrasi memejamkan mata saat bercinta ilustrasi memejamkan mata saat bercinta

KOMPAS.com - Kita sering mendengar bahwa berhubungan intim sama dengan berolahraga, namun tak pernah tahu apakah hal itu benar atau tidak.

Kabar baiknya, jika kamu sering mendengar pertanyaan itu, kamu bukanlah satu-satunya orang yang ingin tahu.

"Percaya atau tidak, aku mendapatkan banyak pertanyan tentang ini," kata pelatih tersertifikasi di Equinox dan pakar kebugaran dari San Francisco, Jonathan Jordan.

Baca juga: Semakin Sering Bercinta, Semakin Tak Mudah Stres

Para peneliti melakukan sejumlah studi tentang rata-rata kalori yang terbakar selama berhubungan intim.

Studi tahun 2013 tersebut dipublikasikan di jurnal PLoS ONE dan mendapatkan hasil bahwa laki-laki membakar 4,2 kalori per menit dan perempuan 3,1 kalori per menit.

Kalori yang terbakar selama sesi berhubungan intim (dalam studi ini 25 menit) diterjemahkan berturut-turut menjadi 101 kalori dan 69 kalori.

Meski begitu, jangan lupa mempertimbangkan bahwa durasi hubungan intim di dunia nyata hanya bertahan selama rata-rata enam menit.

Studi lainnya yang dipublikasikan di the New England Journal of Medicine berhipotesa, bahwa kalori yang terbakar pada rata-rata orang hanya sekitar 15 hingga 20 kalori.

Baca juga: Mengapa Bercinta di Kamar Hotel Lebih Bergairah

Angka tersebut lebih dekat dengan estimasi lainnya. Misalnya, Ringkasan Kegiatan Fisik Dewasa 2011 (sumber daya yang menghitung dan menstandarisasi intensitas kegiatan fisik untuk tujuan penelitian) hanya memberi peringkat aktivitas seksual sebagai 1,3 METs (lembut) hingga 2,8 METs (kuat).

MET adalah singkatan dari Metabolic Equivalent of Tasks yang digunakan untuk memperkirakan berapa banyak kalori yang terbakar selama aktivitas fisik. 1 MET diterjemahkan menjadi sekitar 1 kkal/kg/jam.

Misalnya, seorang perempuan dengan berat sekitar 63,5 kg, jadi dia membakar sekitar 63,5 kalori per jam dari aktivitas 1-MET. Ini kurang lebih sama seperti berbaring di sofa dan menonton Netflix.

Itu berarti dia membakar antara 83 dan 178 kalori selama satu jam penuh berhubungan intim.

Namun, Jordan mengatakan cara tubuh membakar kalori berbeda untuk setiap orang dan bergantung pada kesehatan kardiovaskular secara umum, setinggi apa denyut jantungmu bisa naik, energi yang terbakar saat istirahat, dan lainnya.

"Ini juga bergantung pada seks seperti apa yang dilakukan," katanya.

Untuk menilai seberapa keras kamu bekerja selama bercinta, cobalah berpikir tentang olahraga biasa.

Kamu mungkin akan membakar kalori yang berbeda jika posisimu terlentang dengan jika posisimu aktif.

Baca juga: Awas, Mengunyah Permen Karet Bisa Ganggu Sesi Bercinta

Halaman:


Sumber Shape
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X