Kelebihan Zat Besi Berisiko Sebabkan 7 Penyakit Ini

Kompas.com - 14/02/2020, 22:31 WIB
Ilustrasi makanan yang mengandung zat besi piotr_malczykIlustrasi makanan yang mengandung zat besi

KOMPAS.com - Tubuh kita membutuhkan berbagai nutrisi dalam jumlah tertentu, termasuk zat besi.

Nutrisi ini merupakan komponen penting dari hemoglobin, sejenis protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke setiap bagian tubuh.

Saat tingkat zat besi normal di tubuh kita, semua sel berfungsi baik dan darah diproduksi dalam jumlah yang diperlukan.

Dan seperti yang kita ketahui, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Namun, apa yang terjadi jika tubuh kelebihan zat besi?

Baca juga: Memahami Pentingnya Zat Besi bagi Kesehatan

Zat besi berlebih dalam tubuh bisa membahayakan kesehatan kita, karena meningkatkan risiko gagal jantung, penyakit hati, diabetes, dan sindrom metabolik.

Kelebihan zat besi dalam tubuh juga merupakan penyebab utama timbulnya penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan epilepsi.

Tingginya kadar zat besi pada tubuh kita bisa dipicu oleh banyak faktor.

Sebut saja kelainan genetik, peningkatan konsumsi makanan atau asupan kaya zat besi, serta suplemen zat besi dalam jumlah besar.

Berikut adalah risiko yang terkait dengan konsumsi zat besi secara berlebihan.

1. Keracunan zat besi

Sebab utamanya karena overdosis suplemen zat besi. Pada kasus seperti ini, zat besi terakumulasi di organ-organ vital seperti hati dan otak, kemudian aka memicu kerusakan serius pada kedua organ tersebut.

Gejala keracunan zat besi meliputi mual, sakit perut, dan muntah.

2. Kanker kolon

Terlalu banyak zat besi memiliki potensi karsinogenik --sifat atau substansi yang mengendap dan merusak organ-- untuk menyebabkan kanker usus besar atau kanker kolon.

Hal ini dipicu reaksi Fenton tidak terkontrol dengan adanya zat besi berlebih di dalam tubuh, yang mempromosikan ketidakstabilan dan mutasi gen, mengarah ke kanker.

Baca juga: Kenali Tanda Kekurangan Zat Besi, Mulut Kering Termasuk di Antaranya

Halaman:


Sumber Boldsky
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X