Apa Penyebab Munculnya Jerawat Batu yang Menjengkelkan?

Kompas.com - 17/02/2020, 16:10 WIB
ilustrasi jerawat shutterstockilustrasi jerawat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jerawat pada wajah memiliki berbagai jenis, salah satu yang paling mengganggu adalah jerawat batu. Sebelum jerawat bandel ini datang, kamu harus mengenali penyebabnya agar dapat melakukan langkah pencegahan.

Jerawat batu adalah salah satu jerawat yang paling serius dibanding jenis jerawat lainnya. Kemunculan jerawat jenis ini biasanya disebabkan oleh bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap di pori-pori.

Jerawat batu pada umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki kulit berminyak. Tidak hanya orang dewasa, jerawat batu bisa dialami oleh remaja, bahkan lansia karena adanya ketidakseimbangan hormon.

Apa saja penyebab jerawat batu?

Salah satu ciri khas jerawat batu ialah bentuknya yang mirip dengan bisul. Ciri lainnya adalah berisi nanah, benjolan berwarna putih besar, kemerahan, dan sakit saat disentuh.

Jerawat batu tidak hanya muncul di wajah, tetapi bisa juga di bagian tubuh lainnya seperti di dada, leher dan lengan.

Ada banyak faktor penyebab jerawat batu, di antaranya:

Pori-pori tersumbat

Salah satu penyebab jerawat batu yang sering terjadi ialah pori-pori tersumbat. Penyumbatan ini dapat terjadi karena adanya minyak pada wajah, kotoran, bakteri, hingga penumpukkan sel-sel kulit sehingga mengakibatkan munculnya jerawat batu.

Perubahan hormon

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X