Olahraga Intensitas Tinggi Berlebih Berisiko bagi Jantung

Kompas.com - 18/02/2020, 19:17 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Namun, terlalu banyak berolahraga ternyata sangat tidak baik untuk tubuh.

Penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Illinois dan Kaiser Permanente, memgukuhkan kesimpulan itu.

Para pria kulit putih yang melakukan olahraga intensitas tinggi, 86 persen lebih berisiko mengalami penumpukan plak di arteri dibanding dengan yang berolahraga dengan intensitas lebih rendah.

Meski begitu, keterkaitan tersebut -ternyata, tidak terlihat pada pria kulit hitam.

Baca juga: Waspadai Gagal Jantung! Ketahui Ciri-ciri Sakit Jantung

Demi mengupas temuan itu lebih jauh, para peneliti mempelajari lintasan aktivitas fisik dari 3.175 partisipan berkulit putih dan hitam.

Mereka disatukan dalam sebuah penelitian tentang Pengembangan Risiko Arteri Koroner pada Dewasa Muda (CARDIA) dengan responden berusia 18-30 tahun.

Kemudian, para peneliti mengamati keberadaan coronary artery calcium (CAC) pada peserta.

CAC adalah adalah tes yang mengukur jumlah kalsium di dinding-dinding arteri jantung. CAC bisa menjadi peringatan signifikan dari penyakit jantung yang akan datang.

Baca juga: Meninggal Mendadak Tak Selalu karena Serangan Jantung

Mereka yang mengambil bagian dalam penelitian ini diminta melaporkan aktivitas fisiknya selama setidaknya tiga dari delapan pemeriksaan lanjutan selama periode 25 tahun, mulai dari 1985-2011.

Peserta dimasukkan ke dalam tiga kategori berdasarkan pola aktivitas fisik mereka.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X