Masak Praktis di Rumah dengan Tiga Bumbu Dasar

Kompas.com - 20/03/2020, 18:10 WIB
Ilustrasi bumbu ShutterstockIlustrasi bumbu

KOMPAS.com – Bagi mereka yang selama ini terbiasa jajan atau memesan makanan, kini aktivitas itu sulit dilakukan saat sedang merebaknya virus corona. Mengapa tidak memasak saja sendiri di rumah. Selain hemat, kebersihannya juga lebih terjaga.

Untuk mempermudah proses memasak, kita bisa menyiapkan bumbu dasar. Menyiapkan bumbu merupakan salah satu bagian memasak yang memakan waktu. Dengan membuat bumbu dasar, kita tidak perlu mengiris dan mengulek berulang kali.

Ada tiga bumbu dasar yang bisa kita simpan, yaitu bumbu putih, bumbu merah, dan juga bumbu kuning. Ketiga bumbu ini bisa dipakai untuk hampir semua masakan rumahan Indonesia. Setiap kali akan memasak tinggal disesuaikan jumlahnya dengan resep, misalnya untuk rendang ambil sekitar 3 sendok bumbu merah ditambah santan.

Bumbu Putih

Bumbu ini bisa dipakai untuk membuat gudeg, terik daging, sayur bobor, tembe bacem, opor ayam, sayur lodeh, hingga semur.

Satu resep menghasilkan 276 gram bumbu dasar putih.

Bahan:
22 butir bawang merah

12 siung bawang putih

14 butir kemiri, sangrai

2 sendok teh merica butiran

1 sendok makan ketumbar butiran, sangrai

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X