6 Cara Membersihkan Paru-paru

Kompas.com - 30/03/2020, 10:19 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Udara yang kita hirup bisa saja terkontaminasi dengan polutan. Mulai dari partikel debu, hingga asap rokok yang terperangkap dalam partikel udara lalu masuk ke paru-paru kita.

Paru-paru kita sebetulnya sebagian besar merupakan organ yang memiliki mekanisme pembersihan diri, tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu paru-paru berfungsi pada tingkat optimal.

Membersihkan paru-paru mungkin bermanfaat terutama bagi individu yang memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan kesulitan bernapas, seperti asma, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), fibrosis kistik, dan lainnya.

Seorang perokok berat atau orang yang harus menggunakan obat-obatan inhalasi tertentu juga bisa mendapatkan manfaat dari membersihkan paru-paru.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan paru-paru, termasuk melakukan perubahan gaya hidup dan berolahraga untuk membantu membersihkan paru-paru dari cairan:

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Paru-paru Manusia Saat Terkena Virus Corona?

1. Menggunakan pembersih udara

Mulailah membersihkan paru-paru dengan memperbaiki kualitas udara di rumah. Kamu bisa membeli alat penyaring udara (air filter) yang dapat ditempatkan di masing-masing kamar atau berinvestasi di alat pembersih udara untuk rumah tangga.

2. Mengganti saringan udara

Seiring dengan menggunakan air purifier, kamu juga perlu mengganti semua saringan udara di rumah dan membersihkan semua ventilasi, seperti yang ada di kamar mandi atau AC.

3. Menghilangkan wewangian buatan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Healthline
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X