Perlukah Minum Suplemen untuk Cegah Virus Corona?

Kompas.com - 03/04/2020, 15:02 WIB
Ilustrasi suplemen dan obat-obatan PurestockIlustrasi suplemen dan obat-obatan
Editor Wisnubrata

Sejak penyebaran virus corona baru atau covid-19 di Indonesia semakin meningkat, banyak orang yang secara tidak langsung kembali mengingat pentingnya menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

Salah satu yang mungkin banyak orang lakukan adalah mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh, khususnya mencegah penularan virus corona.

Namun, apa benar konsumsi suplemen bisa cegah penularan virus corona? 

Ya, meskipun harga suplemen vitamin saat ini sudah tergolong mahal, nyatanya tak sedikit orang yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk membelinya guna mencegah diri agar tidak tertular virus corona.

Umumnya, suplemen dijual dalam bentuk tablet, kapsul, bubuk, atau cairan. Produk ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin dan mineral yang bertujuan memperkuat sistem imun.

Ketika daya tahan tubuh kuat maka diharapkan dapat melawan serangan penyakit, baik yang berasal dari bakteri atau virus. 

Sebaliknya, apabila daya tahan tubuh melemah, berbagai macam virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi, termasuk virus corona covid-19.

Sebagai upaya untuk melindungi diri dari virus tersebut, akhirnya banyak orang mulai melirik suplemen vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Sayangnya, anggapan bahwa suplemen bisa cegah virus corona tidak sepenuhnya benar.

Suplemen memang dapat memberikan kita asupan nutrisi yang dibutuhkan guna menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut dapat mencegah penularan virus secara langsung.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X