Kompas.com - 11/04/2020, 21:11 WIB
Editor Wisnubrata

Jika sedang melihat Afgan, Siwon atau Miranda Kerr, Anda pasti melihat satu kesamaan di wajah para bintang ini. Ya, lesung pipi sudah jadi ciri khas wajah mereka.

Lekukan pemanis wajah ini memang sudah sejak lama jadi salah satu poin plus untuk bisa terlihat lebih menarik di mata banyak orang.

Tidak semua orang lahir dengan lesung pipi. Namun, tidak sedikit orang yang karena sangat ingin memilikinya, lantas menjalani operasi lesung pipi di wajahnya.

Padahal, tahukah Anda jika lesung pipi pada hakikatnya adalah suatu kelainan anatomis?

Namun berbeda dari kelainan lainnya, persepsi masyarakat sudah terlajur terbentuk dan menganggap orang dengan lesung pipi adalah sosok yang manis dan enak dipandang.

Ada beberapa fakta di balik lesung pipi yang jarang diketahui, seperti di bawah ini:

1. Lesung pipi terbentuk karena kelainan otot wajah

Lesung pipi yang sering dianggap menarik, sebenarnya muncul karena adanya kelainan pada otot zygomaticus mayor. Otot ini berperan dalam membentuk ekspresi wajah. Otot inilah yang akan bergerak saat kita tersenyum.

Pada orang yang tidak memiliki lesung pipi, otot ini terletak di tulang pipi dan menyambung turun hingga ke sudut mulut.

Sementara itu pada orang yang memiliki lesung pipi, otot ini terbelah dua dengan lokasi yang sama, yaitu dari tulang pipi hingga ke sudut mulut. Sehingga, saat seseorang tersenyum, akan terbentuk cekungan di antara dua otot yang terpisah itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.