Kompas.com - 15/04/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi seseorang melakukan kerja dari rumah atau work from home (WHF). SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOSIlustrasi seseorang melakukan kerja dari rumah atau work from home (WHF).

KOMPAS.com - Jika Anda merasa membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan semua hal atau berusaha mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu – seperti mencuri waktu untuk mengirim email saat sedang menyuapi anak, tenang Anda tidak sendirian.

Menjalani work from home di masa karantina ini, membuat banyak dari kita berjuang untuk memenuhi tuntutan baru sebagai pekerja jarak jauh, pengasuh anak, pendidik anak, hingga menjadi partner di saat yang bersamaan.

Mulai dari memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian kotor, mendampingi anak menyelesaikan tugas sekolah, menghadapi anak yang berebut mainan, menyelesaikan pekerjaan kantor, meeting online, dan sederet hal lain yang harus diselesaikan.

Baca juga: Bekerja di Rumah Bersama Anak, Bagaimana Agar Tetap Produktif?

Ada kalanya kita merasa kesulitan dan kewalahan untuk memainkan semua peran dan memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga yang menuntut perhatian. Dan ini adalah hal yang wajar.

Multitasking sering mendapat cap yang buruk, karena dianggap tidak fokus mengerjakan satu hal. Tetapi di saat seperti ini, multitasking tentu sangat diperlukan. Berikut lima tips yang bisa dilakukan saat harus menyelesaikan banyak tugas, seeprti dilansir dari CNN:

1. Prioritaskan daftar tugas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itu berarti mencari tahu apa yang bisa diselesaikan pada akhir hari, apa yang harus segera diselesaikan, dan kapan waktu terbaik untuk melakukan hal lainnya.

2. Pasangkan aktivitas dengan bijak

Saat terlibat dalam panggilan konferensi, kamu bisa diam-diam sambil melipat cucian yang sudah kering. Atau setelah memasukkan pakaian ke mesin cuci, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mendampingi anak memngerjakan tugas sekolah.

3. Berikan waktu khusus untuk anak-anak

Meluangkan waktu khusus untuk bermain dengan anak-anak akan membuat mereka merasa bahagia.

Setelahnya, mintalah waktu pada mereka untuk memberikan kita waktu menyelesaikan pekerjaan kantor tanpa gangguan.

Selain itu, ajak anak untuk mengenal tanggung jawab sesuai usianya, seperti misalnya membereskan kembali mainannya, menaruh baju kotor di tempatnya, dan sebagainya. 

Hal-hal kecil tersebut akan membantu meringankan tugas Anda di rumah.

Baca juga: Work from Home Membuat Waktu Kerja Terasa Lebih Lama

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.