Ini Sederetan Bumbu Masak yang Bisa Jadi Obat Rematik Alami

Kompas.com - 26/05/2020, 18:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rematik biasanya ditangani dengan obat pereda nyeri yang dijual secara bebas hingga obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi.

Kenyataannya, banyak obat rematik alami yang ternyata bisa kita temukan di pasar, untuk mendukung pengobatan yang dianjurkan dokter.

Harga murah dan ketersediaannya yang melimpah, menjadikan rempah-rempah sebagai obat rematik alami yang digemari. Selagi berburu bumbu masak di pasar, jangan lupa juga mencari beberapa obat rematik alami di bawah ini.

1. Kunyit

Ilustrasi kunyitshutterstock Ilustrasi kunyit
Kunyit menjadi rempah dan bumbu masak favorit di Indonesia. Kemampuannya dalam menyedapkan makanan, ternyata selaras dengan kehebatannya dalam mengobati rematik.

Satu komponen penting yang dikandung kunyit, yaitu curcumin, terbukti mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga nyeri sendi akibat rematik bisa diobati. Curcumin lah yang menjadikan kunyit sebagai obat rematik alami!

Baca juga: Kunyit Bisa Obati Radang Sendi, Benarkah?

2. Bawang putih

Ilustrasi bawang putih yang diklaim menjadi obat herbal untuk corona. SHUTTERSTOCK Ilustrasi bawang putih yang diklaim menjadi obat herbal untuk corona.
Bagi kebanyakan orang Indonesia, tidak afdol rasanya kalau memasak tanpa bawang putih. “Saudara” dari bawang merah ini ternyata bisa juga menjadi obat rematik alami.

Bawang putih diketahui mengandung diallyl disulfide, yaitu senyawa antiinflamasi yang membatasi efek sitokin proinflamasi, sehingga nyeri sendi akibat rematik dapat ditangani.

Itulah sebabnya, bawang putih dipercaya bisa melawan peradangan sendi dan mencegah kerusakan tulang rawan akibat radang sendi.

Baca juga: 12 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X