Kompas.com - 27/05/2020, 13:49 WIB
Makan menjadi pelarian banyak orang untuk mengatasi rasa sedihnya. shutterstockMakan menjadi pelarian banyak orang untuk mengatasi rasa sedihnya.

KOMPAS.com - Stres atau depresi bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk karena gamang menghadapi situasi yang tidak pasti seperti sekarang. Ketika merasakan stres, banyak orang "lari" ke makanan, seperti es krim atau camilan-camilan tidak sehat lainnya.

Meski stres yang dirasakan mungkin hilang sesaat, konsumsi makanan tidak sehat justru bisa memicu munculnya sejumlah penyakit.

Bukan berarti kamu tidak boleh lari ke makanan ketika stres, hanya saja pilihlah makanan yang tidak hanya bisa memperbaiki mood tapi sekaligus sehat untuk tubuh.

Makanan bernutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, lemak sehat, hingga gandum utuh dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, yang juga bisa menurunkan risiko depresi.

Baca juga: Penyebab Banyak Ngemil Selama Masa Karantina

Lalu, makanan seperti apa saja yang bisa membantu menaikkan mood dan mencegah stres?

1. Salmon

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ikan salmon tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh tapi yang tidak diproduksi tubuh kita sendiri. Asam lemak omega-3 adalah bagian dari selaput yang mengelilingi sel-sel dalam tubuh, khususnya di otak.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan seperti salmon dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi depresi.

Salmon juga merupakan makanan yang mampu membantu memerangi peradangan. Adapun menurut sebuah penelitian yang dirilis Januari lalu, peningkatan peradangan dalam tubuh juga berperan dalam memicu depresi.

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Salmon, Salah Satu Makanan Paling Bernutrisi

Cokelat hitamThinkstock Cokelat hitam

2. Cokelat hitam

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.