Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2020, 15:31 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Cara paling tepat untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan mengatur pola makan sehat dan berolahraga.

Memang, hasilnya tidak akan terlihat secepat jika kamu mengonsumsi obat diet, menjalani operasi sedot lemak, atau melakukan diet ekstrem.

Namun, mengatur pola makan alami jauh lebih aman untuk tubuh dan berat badan pun bisa tetap ideal dalam jangka waktu yang lama.

Menjalani diet secara alami perlahan-lahan akan mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat. Sehingga, tak hanya sekadar menurunkan berat badan, risiko terkena berbagai penyakit berbahaya pun juga akan ikut berkurang.

Tips dan cara diet alami untuk turunkan berat badan

Dengan cara diet alami di bawah ini, istilah “diet mulai besok” bisa dihindari. Sebab cara-cara di bawah ini tidak mengharuskan kita melakukan perubahan pola hidup secara drastis, melainkan perlahan-lahan mengubahnya menjadi lebih sehat. Jadi, langkah ini akan terasa lebih ringan.

1. Menambah asupan protein

Untuk urusan menurunkan berat badan, protein adalah nutrisi yang bisa dibilang paling berpengaruh.

Sebab saat tubuh mengolah protein, di waktu yang bersamaan juga akan terjadi pembakaran kalori. Semakin banyak protein yang dikonsumsi, maka pembakaran kalori yang terjadi juga akan semakin tinggi.

Ditambah, protein juga bisa membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan sumber protein seperti telur dan dada ayam, dalam menu harian.

Baca juga: 7 Bahan Makanan dengan Protein Terbaik untuk Pangkas Berat Badan

2. Menghindari makanan dalam kemasan dan olahan

Makanan dalam kaleng atau kemasan yang banyak dijual di supermarket umumnya tinggi kandungan gula, lemak, dan kalori. Tentu, jika ingin menurunkan berat badan, hal-hal tersebut sebaiknya dihindari.

3. Memenuhi stok makanan dan camilan sehat di rumah

Menjalani diet bukan berarti tidak boleh makan sama sekali. Hanya saja, jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya diganti dengan yang lebih sehat.

Mengganti cemilan dan stok makanan di rumah menjadi makanan yang lebih sehat bisa menjadi awal untuk mengubah kebiasaan makan.

Mulai sekarang, cobalah untuk mulai menyimpan yogurt, buah, kacang-kacangan, dan telur rebus di rumah sebagai alternatif camilan yang lebih sehat.

4. Membatasi konsumsi gula

Banyak orang tidak menyadari gula yang mereka konsumsi sudah jauh melebihi kadar yang direkomendasikan. Padahal, kelebihan gula di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak dan membuat berat badan terus naik.

Untuk membatasi konsumsi gula, kita bisa mulai dari cara yang sederhana seperti mengurangi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan.

Kita juga bisa mencari alternatif pengganti gula yang tetap bisa memberikan rasa manis, tapi lebih sehat.

Baca juga: Memilih Makanan dengan Sadar, Kunci Mengurangi Konsumsi Gula

5. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com