Meditasi, Bagaimana Cara Memulai dan Melakukannya?

Kompas.com - 19/06/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi meditasi DragonImagesIlustrasi meditasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meditasi diyakini menjadi praktik yang tepat untuk membantu menenangkan batin.

Banyak orang mencoba latihan meditasi karena mengetahui banyat manfaat kesehatan di baliknya.

Namun, tak sedikit yang tidak yakin atau ragu untuk memulainya, atau sudah mencobanya namun merasa tidak mendapatkan manfaat dari aktivitas tersebut.

Memang, sulit melakukan latihan meditasi sebagai sebuah disiplin.

Jika kebugaran fisik dan nutrisi adalah hal yang bisa diukur, meditasi dan kesadaran adalah pengalaman yang sifatnya pribadi sehingga sulit untuk mengetahui mana cara yang "benar" untuk melakukannya.

Luke Macleod, pakar meditasi dan pendiri Soul Alive, sebuah platform live stream meditasi mengatakan, meditasi tidak seharusnya dipandang sebagai sebuah keterampilan yang harus dikuasai.

Ada banyak orang yang berusaha keras untuk berhasil saat bermeditasi karena mereka menginginkan hasil yang langsung serta ingin tahu apa yang bisa dilakukan berikutnya.

"Jika kamu memperlakukan meditasi sebagai sebuah keterampilan, maka itu akan menjadi seperti tugas rutin. Tidak ada orang yang menyukai tugas rutin," kata Macleod, seperti dilansir DMarge.

Meditasi seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan, bukan sebuah tugas yang harus dilaksanakan.

"Oleh karenanya jangan mulai dengan harapan apapun. Buatlah dirimu pasrah pada proses dan pengalaman yang didapat setiap kali bermeditasi."

Baca juga: 10 Manfaat Meditasi untuk Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik

Halaman:


Sumber DMarge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X