Banyak Kasus Pesepeda Meninggal, Kenali Tanda-tanda Olahraga Berlebih

Kompas.com - 18/07/2020, 10:39 WIB
Bersepeda jadi tren yang kembali mengemuka di fase new normal Dok. ShutterstockBersepeda jadi tren yang kembali mengemuka di fase new normal

KOMPAS.com - Seorang pria dikabarkan meninggal dunia saat sedang bersepeda di kawasan Cimanggis, Depok.

Saat itu, korban yang sedang mengayuh sepeda mendadak ambruk dan tak sadarkan diri di lokasi kejadian.

Baca juga: Diduga Kena Serangan Jantung, Pria Meninggal Dunia Saat Bersepeda

Insiden serupa sebelumnya telah beberapa kali terjadi dan menjadi sorotan karena aktivitas bersepeda yang sedang digandrungi masyarakat.

Sport Medicine Specialist dari Slim + Health Sports Therapy, dr Michael Triangto, SpKO, mengatakan, pada dasarnya bersepeda sangat baik untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan tubuh, terutama jantung.

Namun, kematian bisa saja terjadi jika seseorang terlalu memaksakan diri saat berolahraga.

Tak hanya ketika bersepeda, insiden serupa bisa terjadi ketika kita melakukan olahraga lainnya jika dilakukan secara berlebihan atau terlalu berat.

"Kalau dia dalam keadaan sehat, tapi (olahraganya) berlebihan, itu saja bisa membuat orang meninggal karena melampaui batas-batas kemampuannya."

Baca juga: 4 Langkah Memulihkan Kondisi Tubuh Usai Bersepeda

"Sedangkan kalau sudah punya penyakit, tentunya akan lebih mudah lagi," cetus Michael saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/7/2020).

Masker juga bukanlah permasalahannya karena penggunaan masker memang sudah diatur oleh pemerintah dan harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat yang beraktivitas di luar rumah.

Adapun pemakaian masker yang tidak mengganggu kesehatan saat berolahraga adalah masker medis dan masker kain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X