Kompas.com - 23/08/2020, 18:42 WIB
Ilustrasi berhenti merokok MarcBruxelleIlustrasi berhenti merokok
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat memutuskan berhenti merokok, banyak orang khawatir berat badan akan bertambah akibat kebiasaan mengonsumsi camilan untuk mengganti kebiasaan merokok setelah makan.

Ternyata, rata-rata berat badan orang yang telah berhenti merokok hanya naik sekitar 2,2 kg.

Sebagian orang mengalami kenaikan berat badan kurang dari 4,5 kg, namun sebagian lainnya tidak menunjukkan peningkatan berat badan sama sekali.

Menurut ahli pernapasan Dr. Humberto Choi, MD, ada tantangan biologis yang dialami tubuh yang bisa membuat kita sulit berhenti merokok. Namun, tubuh kita dapat mengatasinya.

"Lupakan kenaikan berat badan beberapa kilogram yang belum pasti terjadi, dan fokuslah pada seberapa sehat dan bahagianya kita menikmati sisa hidup kita tanpa rokok," kata Dr. Choi.

"Setelah berhenti merokok, ada kemungkinan besar kita dapat berolahraga lebih mudah dan menurunkan berat badan."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita akan bernapas dan berolahraga lebih mudah, dan merasa lebih baik dan lebih termotivasi dalam perjalanan menjadi individu yang lebih sehat."

Ditambahkan oleh Dr. Choi, dengan berhenti merokok, kita membuat pilihan tepat untuk mencegah berbagai penyakit yang terkait kebiasaan merokok.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Merokok Mulai Hari Ini

Studi menunjukkan, banyak orang yang berhenti merokok cenderung menjalani gaya hidup lebih sehat, melakukan aktivitas fisik, serta menetapkan rutinitas yang membantu menjaga kebugaran tubuh mereka.

"Setelah memutuskan berhenti merokok, kita dapat menggunakan tips ini untuk mencegah penambahan berat badan dan berada di jalur yang tepat untuk bebas dari asap rokok," kata Dr. Choi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.