Kompas.com - 27/08/2020, 18:50 WIB
Pasangan selebritas Surya Saputra dan Cynthia Lamusu saat ditemui di Grand Indonesia, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPasangan selebritas Surya Saputra dan Cynthia Lamusu saat ditemui di Grand Indonesia, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018).

KOMPAS.com - Pada akhir November 2016, penyanyi Cynthia Lamusu dan aktor Surya Saputra dikaruniai anak kembar.

Putra dan putri Cynthia yang diberi nama Atharva Bimasena Saputra dan Tatjana Aisyah Putri itu lahir melalui operasi caesar.

Dan pada hari ini, ia membagikan pengalamannya menjalani operasi caesar untuk kelahiran kedua anak kembarnya itu.

Baca juga: Cynthia Lamusu Kenang Perjuangan Beri ASI untuk Anak Kembarnya...

"Saat itu, berbagai program sudah saya jalani, dan setelah delapan tahun pernikahan, doa saya terjawab dengan hamil anak kembar."

Demikian penuturan Cynthia dalam seminar digital "Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Cesar dengan Mikrobiota Sehat" yang diselenggarakan oleh Nutriclub pada Kamis (27/8/2020) siang.

Sejak awal kehamilan, kata Cynthia, ia sudah diberi informasi oleh dokter kandungannya untuk lebih berhati-hati, karena kehamilan anak kembar memiliki risiko jauh lebih besar.

"Waktu itu saya hamil di usia 37 tahun, dan itu semakin memperbesar risiko kehamilan saya," ujar dia.

Cynthia pun menjadi lebih waspada untuk menjaga kehamilannya. Asupan makanan dan tingkat stres juga ia perhatikan.

Namun, memasuki trimester ketiga kehamilan, ia mendapati kandungannya bermasalah.

"Di trimester pertama dan kedua baik-baik saja, tapi begitu masuk trimester ketiga saya curiga dengan penampilan fisik saya."

"Kebetulan saat itu saya sedang melakukan pemeriksaan rutin, dan diketahui kandungan saya bermasalah. Kenaikan berat badan janin laki-laki saya stagnan di 800-900 gram, tidak sebaik janin perempuan," ucap Cynthia.

Baca juga: Berapa Kali Seorang Ibu Dapat Jalani Operasi Caesar?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X