Tips Dapatkan Tidur Malam Berkualitas

Kompas.com - 16/10/2020, 12:13 WIB
ilustrasi mimpi Shutterstockilustrasi mimpi

KOMPAS.com - Memiliki kualitas tidur yang baik itu sama pentingnya dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Sebab, kualitas tidur yang buruk bisa mengakibatkan dampak-dampak negatif seperti gangguan hormon, gangguan fungsi otak, obesitas, dan meningkatkan risiko penyakit lainnya.

Jika ingin mengoptimalkan kesehatan atau menurunkan berat badan, tidur malam yang nyenyak adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan.

Berikut ini tips berbasis ilmiah untuk tidur lebih nyenyak di malam hari yang dilansir dari laman Healthline.

1. Meningkatkan cahaya di siang hari

Paparan sinar matahari dapat memengaruhi otak, tubuh, dan hormon untuk memberi tahu tubuh kita kapan waktunya tidur.

Sinar matahari alami atau cahaya terang di siang hari membantu menjaga ritme sirkadian tetap sehat dan meningkatkan energi siang hari, serta kualitas tidur malam hari.

Baca juga: Ini Waktu Berjemur yang Baik di Bawah Sinar Matahari

Sebuah studi pada orang dewasa menemukan, bahwa 2 jam paparan cahaya terang di siang hari meningkatkan jumlah tidur sebanyak 2 jam dan efisiensi tidur hingga 80 persen.

Maka, cobalah mendapatkan paparan sinar matahari setiap hari atau kalau ini tidak praktis, belilah perangkat cahaya terang buatan atau menyalakan lampu di siang hari.

2. Batasi kafein di tengah hari

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X