Gerakan Bersepeda Online untuk Bantu Pekerja Seni

Kompas.com - 20/10/2020, 20:43 WIB
Wulan Guritno (paling kanan) kerap mengunggah aktivitas bersepedanya, tak hanya ketika bersepeda di dalam kota tetapi juga di luar kota. Instagram @wulanguritnoWulan Guritno (paling kanan) kerap mengunggah aktivitas bersepedanya, tak hanya ketika bersepeda di dalam kota tetapi juga di luar kota.

KOMPAS.com - Tingginya minat bersepeda di masyarakat dimanfaatkan aktris Wulan Guritno bersama gerakan solidaritas yang dibuatnya, Gelang Harapan, mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan "Bike for Hope."

Tujuan utama kegiatan tersebut adalah mengumpulkan donasi bagi pekerja seni yang terkena dampak pandemi Covid-19, khususnya mereka yang bekerja di industri perfilman Indonesia.

"Di masa pandemi ini, salah satu cara untuk bisa kembali bangkit adalah dengan mendukung dan membantu satu sama lain yang membutuhkan."

Demikian disampaikan Wulan dalam konferensi pers "Bike for Hope" yang diadakan virtual pada Selasa (20/10/2020).

Ajang gowes atau bersepeda virtual tersebut berlangsung dari tanggal 24 Oktober hingga 30 November 2020.

Masyarakat dapat melakukan registrasi untuk acara ini melalui platform Townscript yang disediakan oleh BookMyShow di halaman utama situs mereka.

Baca juga: 10 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Mental, Sudah Tahu?

Dengan registrasi Bike for Hope, maka peserta sudah secara otomatis ikut berdonasi. Setelah mendaftar, peserta bisa melakukan kegiatan bersepeda dengan memilih satu dari tiga kategori race, yaitu 42K, 75K, atau 100K.

Bukti gowes atau bersepeda bisa berupa screenshot yang dikirimkan melalui platform Townscript dan diverifikasi.

Dalam program ini, yayasan Gelang Harapan menggandeng berbagai pihak.

"Kami gunakan momen ini untuk membantu sesama, berkolaborasi dengan Industrial Tourism World (ITW), Element Bike, Indonesian Cycling Federation, dan BookMyShow," ujar Wulan.

"Tujuannya agar orang yang belum bersepeda menjadi tertarik untuk bersepeda serta berdonasi."

Hasil sumbangan akan disalurkan pada malam penganugerahan Festival Film Indonesia (FFI) yang diadakan pada bulan November tahun ini.

Baca juga: PARFI Beri Modal UMKM untuk Pekerja Seni yang Terdampak Pandemi Covid-19

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X