Kompas.com - 01/11/2020, 17:32 WIB
Ilustrasi olahraga saat pandemi corona, Covid-19. SHUTTERSTOCKIlustrasi olahraga saat pandemi corona, Covid-19.

KOMPAS.com - Lemak yang menumpuk di tubuh akan menyebabkan bentuk badan yang berbeda. Misalnya, lemak yang menumpuk di sekitar area leher membuat wajah terlihat bengkak (double chin). Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Perlu dipahami, kita tidak akan bisa untuk menghilangkan lemak pada area tubuh secara spesifik. Jika Anda melakukan jenis diet tertentu, Anda tidak mungkin hanya berfokus pada lemak pada area wajah atau leher saja.

“Pengurangan lemak pada titik tertentu tubuh tidak akan berfungsi. Kebugaran secara keseluruhan, bukan kelelahan otot kecil, adalah faktor penentu yang lebih kuat dari efektivitas pembakaran lemak tubuh,” ungkap Chris McGrath, pendiri dari Movement First.

Jadi, cara menghilangkan lemak di lehar angkahnya sama dengan cara menghilangkan lemak di seluruh tubuh. Namun, ada beberapa latihan yang bisa diikuti untuk bisa melatih otot agar lebih baik lagi.

Baca juga: Berapa Banyak Kalori Harus Dibakar demi Menurunkan Berat Badan?

1. Defisit kalori
Dilansir dari Yale Scientific Magazine, ada beberapa alasan fisiologis mengapa pengurangan lemak pada area tubuh yang spesifik tidak akan berhasil. Lemak yang terkandung dalam sel lemak ada dalam bentuk yang dikenal sebagai trigliserida.

Namun, sel otot tidak dapat secara langsung menggunakan trigliserida sebagai bahan bakar.
Kondisi ini dianalogikan dengan mencoba menjalankan mobil dengan minyak mentah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya, lemak harus dipecah menjadi gliserol dan asam lemak bebas, yang kemudian masuk ke aliran darah.

Jadi, cara menghilangkan lemak di leher yang bisa kita lakukan adalah dengan menurunkan berat badan berlebih. Cara menurunkan berat badan yang sampai sejauh ini masih efektif yaitu defisit kalori.

Jika Anda mengurangi asupan kalori harian sekitar 500 kalori akan menghasilkan sekitar 0,5 kg penurunan berat badan per minggu. Seiring waktu, penurunan berat badan yang konsisten ini menghasilkan lebih sedikit lemak secara keseluruhan. Nah, leher dan wajah sering menjadi beberapa area yang paling terlihat jelas akan melihat penurunannya.

Namun, pastikan Anda menjalani pola makan yang tetap baik. Jangan sampai diet ketat membuat kelaparan karena hal ini bisa merusak metabolisme tubuh.

Baca juga: Serba-serbi Trigliserida Tinggi, Diagnosis dan Penanganannya

Rajin minum air mineral akan menghindarkan Anda dari dehidrasi. (DOK. KREDIVO) Rajin minum air mineral akan menghindarkan Anda dari dehidrasi.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.