Kompas.com - 04/11/2020, 16:18 WIB
Ilustrasi tes kadar gula darah, penyakit diabetes SHUTTERSTOCK/Proxima StudioIlustrasi tes kadar gula darah, penyakit diabetes

KOMPAS.com – Menjaga kesehatan pasien diabetes di tengah pandemi Covid-19 bukanlah hal mudah.

Terlebih diabetes adalah penyakit komorbid (penyerta) yang bisa memperparah kondisi seseorang apabila terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 bisa membuat kondisi pasien diabetes memburuk.

Baca juga: Pahami, Pemeriksaan Tepat untuk Deteksi Diabetes

Ketua Umum Perkeni Prof Dr dr Ketut Suastika, SpPD-KEMD mengatakan, hal ini dikarenakan pengobatan pasien menjadi terhambat.

“Memang belum ada studi khusus tapi kelihatannya ada hambatan di sistem pelayanan kesehatan. Pasien takut ke rumah sakit, dokternya takut terhadap pasien banyak.”

Demikian penjelasan Ketut dalam media briefing World Diabetes Day 2020: Bersama Diabetasol Sayangi Dia yang berlangsung kemarin, Selasa (4/11/2020).

Ditambahkan, meskipun saat ini sedang terjadi pandemi, pasien diabetes tetap harus berobat ke dokter. Meski, memang tidak setiap saat pasien harus datang ke rumah sakit.

Jadwal berobat bisa diatur misalnya dua bulan sekali untuk menghindari infeksi Covid-19. Satu hal terpenting, pasien tetap harus rutin mengonsumsi obatnya.

Dokter bisa membuatkan resep obat untuk dua bulan. Setelah obat habis, baru pasien kembali kontrol ke dokter.

Penanganan diabetes di tengah pandemi

Secara prinsip dasar, pasien diabetes tetap harus menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Ini Alasannya Obesitas Bisa Sebabkan Diabetes

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X