Kompas.com - 13/11/2020, 15:55 WIB
Ilustrasi anak bermain di pantai. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi anak bermain di pantai.

KOMPAS.com – Situasi pandemi membuat banyak orang semakin peduli dengan kondisi kesehatannya.

Begitu juga dengan para orangtua yang senantiasa memastikan anaknya mendapat nutrisi cukup guna menjaga imunitas tubuh.

Selain itu, penting juga bagi orangtua untuk mendorong anaknya melakukan aktivitas fisik sebagai langkah menjaga kesehatan.

Tak perlu yang rumit, aktivitas sederhana seperti bermain tanah atau kotor-kotoran ternyata dapat memperkuat daya tahan tubuh anak.

Penelitian terbaru dari Finlandia menemukan, anak-anak mengembangkan mikrobioma yang lebih beragam saat diajak ke taman bermain dan bersentuhan dengan elemen alami seperti tanah. Selain itu, anak juga mengalami lebih sedikit inflamasi.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Advances pada Oktober lalu itu dilakukan dengan cara menguji pengaruh elemen alami dengan sistem kekebalan dan mikrobioma pada anak-anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Manfaat Bermain di Alam Bebas untuk Tumbuh Kembang Anak

Langkah penelitian

Peneliti menganalisis 75 anak-anak di 10 pusat penitipan anak di dua kota di Finlandia. Terdapat enam fasilitas kendali di penelitian ini.

Setengah dari peserta penelitian dititipkan di tempat yang kegiatannya berorientasi pada alam. Sedangkan setengahnya lagi berada di penitipan yang kegiatannya standar perkotaan.

Empat hari sebelum penelitian berakhir, para peneliti melakukan intervensi terhadap lingkungan aktivitas peserta yang memiliki standar perkotaan.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.