Kompas.com - 13/11/2020, 15:57 WIB
Salah satu band K-Pop paling populer, BTS. YONHAP via DW INDONESIASalah satu band K-Pop paling populer, BTS.

KOMPAS.com - Grup K-Pop identik dengan grup vokal yang anggotanya punya kemampuan vokal dan menari yang nyaris sempurna.

Selain itu, mayoritas grup vokal dikenal mempunyai jumlah anggota yang banyak. Misalnya saja, Blackpink dengan empat anggota dan BTS mempunyai tujuh anggota.

Namun, grup K-Pop lain seperti Golden Child beranggotakan 10 orang, The Boyz 11 orang, bahkan Seventeen punya 13 orang dalam satu grup.

Kira-kira apa sebabnya grup K-Pop memiliki jumlah anggota yang banyak?

Jawabannya sederhana, sebab dengan adanya anggota yang banyak, kesempatan atau peluang sebuah grup K-Pop akan semakin besar.

Hal itu diungkap Michelle Cho, asisten profesor di department of East Asian Studies di University of Toronto.

Baca juga: Bagaimana K-Pop dan K-Drama Pengaruhi Ekonomi Korsel?

Cho meneliti kolektivitas dan estetika populer dalam film, media, dan budaya populer Korea.

Pertama, K-Pop adalah bentuk seni yang menekankan tarian dan musik. Semakin banyak jumlah anggota, maka akan memungkinkan grup K-Pop menciptakan lebih banyak pengaruh dengan koreografi rumit dan tersinkronisasi.

Cho menggambarkan kaitan antara perkembangan koreografi K-Pop dan kemunculan grup lebih dari sembilan anggota di pertengahan sampai akhir 2000-an.

"Di era generasi grup inilah koreografi yang lebih rumit menjadi pembeda yang penting dari K-Pop dibandingkan J-Pop," tutur Cho, mengutip South China Morning Post.

Baca juga: Twitter Ungkap Idol K-Pop yang Paling Banyak Mendapat Mention

Super Junior rilis album The Melody tepat saat peringatan 15 tahun debutAllkpop.com Super Junior rilis album The Melody tepat saat peringatan 15 tahun debut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X