Kenali, 10 Hal yang Tak Dilakukan Orang "Bermental Kuat"

Kompas.com - 23/11/2020, 18:47 WIB
Ilustrasi tuaindeedIlustrasi

KOMPAS.com - Beberapa di antara kita mungkin selalu berkeinginan untuk menyenangkan orang lain dalam hal apa pun.

Kita berharap, dengan mengatakan ya untuk semua yang diminta akan membantu kita merasa diterima dan disukai.

Namun tanpa disadari, perasaan ingin menyenangkan orang lain ternyata mungkin timbul dari pengalaman yang buruk, misalnya ada riwayat penganiyaan.

Sehingga, kita mengatasi hal itu dengan mencoba untuk menyenangkan orang-orang agar mereka tidak memperlakukan kita dengan buruk.

Baca juga: Penyintas Covid-19 Banyak Alami Masalah Kesehatan Mental

Seiring berjalannya waktu, menyenangkan orang menjadi cara hidup yang sulit dibedakan dengan berbuat kebaikan yang sesungguhnya.

Sebab, tak sedikit dari kita yang menyenangkan orang lain karena terpaksa supaya tidak terlibat di dalam sebuah konflik.

Bahkan akibatnya, kita justru membiarkan orang lain memanfaatkannya.

Oleh karena itu, menyenangkan orang bisa menjadi masalah mental yang serius dan menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan.

Ada pun 10 tanda yang harus disadari ketika kita berusaha terlalu keras untuk menyenangkan orang lain. dan tak dilakukan oleh mereka yang bermental kuat.

1. Berpura-pura setuju

Mendengarkan dengan sopan saat orang lain menyampaikan pendapat meskipun kita tidak setuju adalah keterampilan sosial yang baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X