Kompas.com - 02/12/2020, 16:19 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Melihat bayi berjuang mengatasi sembelit terasa sangat memilukan. Sebab, biasanya bayi akan mengejan, lalu wajah mereka memerah, dan mungkin sambil menangis.

Belum lagi jika kotoran yang keluar keras, hingga emicu keretakan di area anus, hingga mengeluarkan darah. Tak ayal, kondisi akan membuat si kecil kesakitan.

Namun, jangan putus asa dulu. Sebab, kita bisa mencoba beberapa hal berikut ini untuk membantu bayi saat mengalami sembelit.

1. Pijat perut bayi

Mulailah dari pusar, lalu pijat ke luar dalam lingkaran searah jarum jam.

Baca juga: Perubahan Gaya Hidup untuk Cegah Sembelit Kronis

Beri beberapa tetes minyak atau krim di jari, kita juga dapat membantu melumasi kulit perut bayi dan menjaga gerakan tetap halus dan lembut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lanjutkan hanya jika bayi menikmati pijatan dan nyaman serta terlihat menjadi rileks.

2. Gerakkan kaki bayi seperti mengayuh sepeda

Tempatkan bayi sehingga dia bisa berbaring telentang. Pegang kakinya dan putar dengan lembut dalam gerakan mengayuh sepeda dengan cepat.

Ini akan membuat otot perut bergerak dan pada akhirnya memberi tekanan lembut pada usus. Gerakan ini akan meningkatkan aktivitas otot untuk membantu memeras isinya.

Baca juga: Yuk, Pahami Kondisi Sembelit pada Bayi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X