Kompas.com - 15/12/2020, 11:54 WIB
Ilustrasi DeagreezIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hampir sembilan bulan aktivitas kita terbatas karena pandemi. Berada di rumah terlalu lama ternyata bikin banyak dari kita menjadi jenuh dan stres.

Stres bisa memengaruhi kesehatan mental. Ditambah lagi perasaan khawatir yang memicu kecemasan, lekas marah, dan gelisah.

Selain itu, stres juga berdampak buruk secara fisik karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman mulai dari sakit kepala, tekanan darah tinggi, naiknya asam lambung, hingga obesitas.

Jajak pendapat yang dilakukan pada bulan Agustus oleh KFF, organisasi nirlaba yang memberi informasi seputar masalah kesehatan, mengungkap bagaimana kondisi mental masyarakat selama pandemi.

Dari jajak pendapat itu, terungkap bahwa 53 persen orang di Amerika mengaku kesehatan mental mereka terpengaruh secara negatif, naik dari 32 persen orang yang melaporkan hal serupa pada bulan Maret.

Agar tidak menjadi penyakit, kita bisa mengelola stres dengan membuat hidup lebih rileks dan bahagia. Bagaimana caranya? 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tetap komunikasi dengan teman

Ilustrasi Zoom.BusinessInsider Ilustrasi Zoom.
Mempunyai hubungan pertemanan yang baik akan membawa pengaruh positif untuk kesehatan.

Para peneliti menemukan, pertemanan bisa membantu kita menurunkan tekanan darah, meredakan kecemasan, dan memperpanjang usia.

Dari studi terbaru yang meneliti pasien penderita AIDS, Jane Leserman, Ph.D di University of North Carolina menemukan bahwa pria yang didukung teman baik lebih mampu melawan AIDS.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.