Kompas.com - 27/12/2020, 12:47 WIB
Ilustrasi teh olgakrIlustrasi teh
Editor Wisnubrata

Di dunia ini, ada ratusan jenis teh yang bisa kita nikmati. Dari seluruh jenis-jenis teh yang berlimpah itu, beberapa di antaranya dianggap menyehatkan, sehingga bisa membantu mencegah bahkan meredakan penyakit.

Yang selama ini sudah akrab di telinga masyarakat adalah teh hijau dan teh hitam. Namun, tak ada salahnya untuk mencicipi jenis-jenis teh lainnya, dengan manfaat-manfaat berikut ini.

Bagi penikmat teh, berikut ini beberapa jenis yang baik untuk dijadikan variasi minuman setiap harinya.

1. Teh hijau

ilustrasi teh hijau, manfaat teh hijau bagi kesehatanshutterstock ilustrasi teh hijau, manfaat teh hijau bagi kesehatan
Teh hijau adalah salah satu jenis teh paling menyehatkan di dunia. Klaim ini datang dari berbagai komponen yang ada di dalamnya, salah satunya adalah ECGC.

ECGC merupakan antioksidan jenis flavonoid yang bisa mencegah paparan radikal bebas berlebih pemicu berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, lambung, kandung kemih, payudara, dan usus besar.

Mengonsumsi teh hijau secara teratur juga dipercaya bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung maupun penyumbatan pembuluh darah. Teh hijau juga mengandung kafein dan theanin yang dapat meningkatkan fokus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rajin Minum Teh Hijau Memperpanjang Umur

2. Teh melati

Ilustrasi teh melatishutterstock Ilustrasi teh melati
Menikmati segelas teh melati bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, baik itu secara fisik maupun mental. Sebab, bunga melati mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya.

Aroma melati yang harum semerbak juga dapat menghadirkan rasa nyaman, meredakan saraf-saraf yang tegang, dan membantu memperbaiki suasana hati.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.