Kompas.com - 17/01/2021, 17:06 WIB
Ilustrasi tai chi shutterstockIlustrasi tai chi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga adalah rutinitas yang menyehatkan tubuh. Dengan berolahraga, kita bisa menurunkan kadar lemak, meningkatkan massa otot, hingga mengurangi tingkat stres.

Rupanya, olahraga juga bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes.

Penderita diabetes yang berolahraga bisa menurunkan tingkat stres, serta menurunkan kadar gula darah dan mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin.

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan latihan aerobik selama 150 menit setiap minggu bagi seseorang dengan penyakit diabetes.

Kemudian, American Diabetes Association menganjurkan agar penderita diabetes tidak melewatkan lebih dari dua hari tanpa latihan aerobik.

Ahli penyakit diabetes, Sue Cotey, RN, CDCES, dan Andrea Harris, RN, CDCES membagikan tips berolahraga yang bisa dicoba penderita diabetes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cotey mengingatkan pentingnya membiasakan latihan ini untuk mendapat manfaat maksimal dalam membantu pengelolaan diabetes.

1. Berjalan kaki

Siapa pun dapat melakukan olahraga berjalan kaki, dan ini adalah jenis olahraga yang populer dan dianjurkan bagi penderita diabetes.

Lakukan jalan cepat 30 menit, setidaknya lima hari dalam seminggu untuk meningkatkan aktivitas fisik. Kita juga bisa membaginya menjadi sesi jalan cepat 10 menit tiga kali sehari.

Baca juga: Manfaat Kesehatan di Balik Jalan Kaki 11 Menit Setiap Hari

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.