Kompas.com - 21/02/2021, 20:15 WIB
Salah seorang pegawai Sukri Sasmita tengah mengerjakan tahap terakhir pembuatan keripik. Sukri Sasmita adalah salah satu pelaku UMKM yang menginspirasi buku Jalan Buat Napas. DOK RAIY ICHWANASalah seorang pegawai Sukri Sasmita tengah mengerjakan tahap terakhir pembuatan keripik. Sukri Sasmita adalah salah satu pelaku UMKM yang menginspirasi buku Jalan Buat Napas.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memukul kondisi ekonomi banyak orang.

Di tengah pandemi, bisnis rumahan menjadi salah satu jalan keluar utama bagi banyak orang dengan berbagai alasan.

Mulai dari menopang ekonomi keluarga, menambah penghasilan maupun untuk menyambung hidup akibat kehilangan pekerjaan.

Meski terbilang bisnis skala kecil, namun bukan berarti tak memerlukan strategi.

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar bisnis yang dijalani tak sekadar bisa memberi tambahan penghasilan, tetapi juga bisa bertahan lama.

Penulis buku "Jalan Buat Napas", Raiy Ichwana menyebutkan ada beberapa hal kunci yang perlu diperhatikan ketika seseorang mau memulai bisnis rumahan.

Mulai dari hal yang sudah banyak diketahui, seperti menyiapkan modal dan komitmen, hingga pentingnya membuat merek dagang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun buku yang dirilis dalam format digital tersebut terinspirasi dari kisah-kisah para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mendadak merangkai merek dagang dan jasa untuk bisnisnya di masa pandemi.

Beberapa tips memulai bisnis rumahan tersebut, di antaranya:

1. Menyiapkan modal
Setiap bisnis tentu memerlukan modal. Modal yang dimaksud bukan hanya uang, tetapi juga pemahaman tentang bisnis yang akan dijalani.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X