Kompas.com - 03/03/2021, 12:17 WIB
Ilustrasi orangtua mengekang anak. SHUTTERSTOCKIlustrasi orangtua mengekang anak.

KOMPAS.com - Setiap orang bisa memilih siapa pendamping hidupnya. Namun, kita tidak dapat menentukan siapa mertua kita, karena mertua merupakan "satu paket" yang disertakan dengan pasangan yang kita pilih.

Terkadang ada orang yang beruntung karena memiliki pasangan sekaligus mertua yang baik. Sementara sebagian orang lainnya mungkin saja mempunyai ibu atau ayah mertua yang toksik alias beracun.

"Mertua beracun berperilaku dalam berbagai cara yang berbeda, meskipun terdapat sejumlah ciri umum pada mertua yang beracun," kata terapis hubungan Tatyana Dyachenko.

Menurutnya, alasan utama mertua berperilaku seperti ini, karena mereka merasa terancam oleh kehadiran menantunya.

"Anda memasuki kehidupan anak mereka dan dianggap akan mengambilnya dari mereka. Tentu ada alasan lain. Jika bisa mengungkap alasan, Anda mungkin bisa memperbaiki hubungan," tambahnya.

Baca juga: 5 Cara Menjalin Ikatan yang Lebih Kuat dengan Ibu Mertua

Untuk mengetahui apakah kamu mempunyai mertua yang beracun atau tidak, ada ciri-ciri yang bisa diperhatikan, dan bagaimana mengatasi mertua yang beracun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Terlalu dramatis dan reaktif

Mertua yang beracun akan memanfaatkan setiap situasi sebagai alasan untuk bereaksi negatif, membuat keributan, atau memicu kita agar bersikap defensif.

"Mereka kesal untuk hal-hal kecil, memandang komentar apa pun sebagai alasan untuk menyalahkan atau mempermalukan Anda, menjadi marah, atau melecehkan secara verbal,"kata Lynell Ross, pelatih kesehatan dan kebugaran bersertifikat.

Ketika menghadapi hal negatif semacam ini, Ross mengatakan kita jangan terbawa ke dalam "drama" mertua. Bersikapkan tenang dan jauhkan diri dan keluarga dari situasi itu.

"Lakukan yang terbaik untuk membatasi kontak dengan mertua. Hanya karena mereka mertua, tidak berarti mereka memiliki hak untuk berada dalam hidup Anda."

Baca juga: Cara Berdamai Usai Bertengkar dengan Mertua

Halaman:


Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X