Kompas.com - 04/03/2021, 07:07 WIB
Ilustrasi diet shutterstockIlustrasi diet
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Maka tidak heran, jika saat ini bermunculan berbagai macam diet dengan metode yang ekstrim dan ketat.

Meski hasilnya cukup menggiurkan, namun kita perlu mengetahui bahwa menurunkan berat badan dengan diet ketat bisa menimbulkan konsekuensi yang berbahaya bagi tubuh.

"Walau diet ketat dapat membantu menurunkan berat badan dalam waktu singkat, namun itu juga dapat memperpendek usia dan berdampak negatif pada tubuh maupun pikiran."

Demikian penuturan seorang dokter umum di London Doctors Clinic, Dr Julianne Barry kepada Cosmopolitan UK.

Sangat mudah memang untuk tergoda dengan penurunan berat dari diet ketat. Namun dokter Julianne menjelaskan bagaimana diet ketat dapat memengaruhi tubuh, sehingga kita dapat mempertimbangkannya kembali.

1. Mengurangi laju metabolisme

Metabolisme yang tinggi adalah kunci untuk menurunkan berat badan, tetapi diet ketat sebenarnya justru dapat membuat tingkat metabolisme lebih rendah.

"Kerusakan otot jauh lebih besar dengan diet ekstrim, daripada pendekatan jangka panjang yang stabil," terangnya.

Menurut dia, sedikitnya otot dapat mengurangi tingkat metabolisme, yang merupakan jumlah kalori yang dibakar saat istirahat dan menyebabkan penambahan berat badan di kemudian hari.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Memperlambat Metabolisme Tubuh

2. Melemahkan sistem imun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X