Kompas.com - 05/03/2021, 14:45 WIB
Ilustrasi kulit kendur andriano_czIlustrasi kulit kendur

KOMPAS.com - Diet yang berhasil membuatmu menurunkan berat badan memang menggembirakan. Namun kadang menyisakan masalah berupa kulit yang kendur di berbagai titik.

Penurunan berat badan yang ekstrem kerap membuat kulit bergelambir. Biasanya ini dialami oleh orang yang menjalani diet ketat dan sukses memangkas beratnya belasan hingga puluhan kilogram.

Baca juga: Jangan Asal Diet Rendah Kalori, Ini Bahayanya

Kondisi ini disebabkan oleh elastisitas kulit menurun dan kadar kolagen yang rendah. Perubahan pola makan membuat kulit kehilangan protein sehingga sulit untuk kembali ke bentuk aslinya.

Kulit bergelambir pasca diet bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Iritasi dan infeksi bisa pula terjadi karena adanya gesekan antar kulit berlebih ini. Tentu saja ini bisa mendatangkan berbagai masalah medis lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit kembali usai diet yang berhasil. Apa saja?

  • Perawatan rumahan

Beberapa bahan alami seperti minyak kelapa, madu dan kopi bisa digunakan untuk perawatan kulit. Cara ini tentu saja tidak akan menunjukkan hasil dalam waktu singkat.

Namun ini akan membuat kulit kembali sehat dan menjadi perubahan gaya hidup yang baik pula.

Baca juga: Terapi Enzim, Mengencangkan Kulit Tanpa Jarum Suntik

  • Olahraga

Aktivitas fisik yang rutin adalah pilihan terbaik untuk membuat kembali kencang. Susun menu olahraga yang sesuai untuk membentuk massa otot.

Kulit menjadi kendur karena kosong setelah lemak yang memudar. Karena itu exercise bisa membantu menciptakan otot untuk kembali mengisi kulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X