Kompas.com - 10/03/2021, 15:33 WIB
Ilustrasi bunga chrysanthemum atau krisan. PIXABAY/MANFRED RICHTERIlustrasi bunga chrysanthemum atau krisan.

KOMPAS.com - Bunga telang bukan satu-satunya tanaman yang bisa diolah menjadi minuman. Ada banyak pilihan edible flower lainnya yang bisa jadi asupan berkhasiat nan lezat untuk tubuh.

Masyarakat kini sedang gemar mengolah bunga telang menjadi minuman seperti teh. Ada pula yang menjadikannya minuman dingin seperti yang dilakukan oleh Nadine Chandrawinata.

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Telang, Tanaman yang Jadi Favorit Nadine Chandrawinata

Namun banyak bunga pekarangan lainnya yang punya manfaat tak kalah baiknya. Praktik pengolahan bunga jadi bahan makanan sendiri bukan hal baru.

Dunia kuliner dan jamu sudah melakoninya sejak dulu. Hanya saja, ada beberapa jenis tanaman yang bisa diproses dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Apa saja bunga yang dimaksud?

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Telang, Tanaman yang Jadi Favorit Nadine Chandrawinata

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Rosella

Bunga berwarna merah ini sekarang sudah banyak diproduksi sebagai sirup. Namun kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah agar kesegarannya terjaga.

Petik bunga yang rosella yang sudah mekar sempurna dan cuci dengan air bersih. Kemudian rebus dengan air mendidih sehingga berwarna kemerahan.

Air rebusan ini bisa langsung diminum dalam kondisi hangat atau dingin. Gula atau madu juga bisa ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa.

Bunga ini kaya akan vitamin, fosfor, kalium dan nutrisi lainnya. Manfaatnya dapat menurunkan tekanan darah, hipertensi, menghambat kanker dan menyerap lemak jenuh.

Baca juga: Seduhan Herbal untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

  • Mawar

Mawar bukan hanya cocok dijadikan kado Valentine namun juga berkhasiat jika dikonsumsi. Bangsa Indian menjadikannya campuran teh yang menghasilkan rasa manis cenderung pahit dan juga aroma yang harum.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.