Kompas.com - 14/03/2021, 15:14 WIB
Pangeran William dan Kate Middleton. SHUTTERSTOCK/SHAUN JEFFERSPangeran William dan Kate Middleton.

KOMPAS.com - Wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle bersama Oprah Winfrey di program A CBS Primetime Special beberapa waktu lalu mengundang berbagai respons pro dan kontra.

Dalam wawancara tersebut, pasangan yang sudah mundur sebagai anggota senior kerajaan itu mengungkap banyak hal tentang Kerajaan Inggris.

Pihak kerajaan sudah menanggapi wawancara tersebut, termasuk salah satunya Pangeran William, yang merupakan kakak dari Pangeran Harry.

William membantah tudingan rasialis yang ditujukan kepada keluarga kerajaan, seperti yang telah diungkapkan Harry-Meghan dalam wawancara bersama Oprah.

"Kami bukan keluarga rasialis," kata William kepada wartawan saat mengunjungi sekolah multi-ras di daerah tertinggal London timur.

Baca juga: Kepada Oprah, Meghan Markle Ungkap Fakta Soal Kerajaan Inggris

Pakar bahasa tubuh Judi James mengungkapkan analisanya tentang respons tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dilaporkan Marie Claire, James menganalisa bahwa apa yang dilakukan William sama seperti yang dilakukan ayahnya, Pangeran Charles, yakni terlihat terdorong untuk terus berlalu daripada melibatkan diri di dalam pembahasan ini.

Namun, James melihat William cenderung lebih terlihat memiliki keinginan untuk menjawab pertanyaan.

"Sekalipun tertutup oleh masker, kita bisa merasakan suatu ledakan kecil, tawa ironis ketika ia ditanyakan tentang konflik dengan Harry," ungkap James.

Pada kesempatan yang sama, William juga ditanyai mengenai apakah dirinya sudah berbicara dengan sang adik setelah sesi wawancara itu. Ia mengaku belum berbicara dengan Harry, tetapi akan melakukannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X